Sabtu, 18 Oktober 2014

PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR (SOFTKILL)

Vanesia Tugas IBD BAB 1 IBD sebagai salah satu MKDU 

A. PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR

Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pegetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris "The Humanities". istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin Humanus yang diartikan manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari The Humanities seseorang akan bisa menjadi manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

Prof. Dr. Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga, yaitu:
1.  Ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
Ilmu-ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. untuk mengkajinya digunakan metode ilmiah. contoh: astronomi, fisika, biologi, kedokteran, dll. 

2. Ilmu-ilmu sosial (sosial science)
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia dan lingkungan sosialnya. untuk mengkajinya digunakan metode ilmiah. contoh : ilmu ekonomi, sosiologi, politik, hukum, psikologi, antropologi, dll. 

3. Pengetahuan budaya (the humanities)

pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. untuk mengkajinya digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik dan kemudian diberi arti. pengetahuan budaya  dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian seni dan filsafat. keahlian tersebut dapat dibagi-bagi kedalam berbagai bidang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, dan seni musik, dll.

 B. TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR 

Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar merupakan usaha untuk mengembangkan suatu penyajian yang mencangkup masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan, memperluas pandangannya serta pemikiran dan kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut alam disekitarnya, orang lain dan dirinya sendiri.

C. ILMU BUDAYA DASAR dan ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
  •  Persamaannya  
Persamaan Ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempelajari tentang manusia dan aspek-aspeknya yang berhubungan dengan manusia. 
  • Perbedaannya
Ilmu budaya dasar mengarah pada pembentukan sikap dan kepribadian sedangkan ilmu pengetahuan sosial mengarah pada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.


D. RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR 

Mencangkup berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah kemanusia dan budaya yang mampu didekati dengan pengetahuan budaya.
Hakekat manusia adalah universal. tetapi manusia mempunyai keanekaragaman dalam perwujudan kehidupan masing-masing jaman dan tempatnya. Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam, sosial, budaya manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaannya, tetapi juga ketidak seragamannya baik itu dalam pola pikir, tingkah laku, perasaan, dsb. 



Sumber :
http://iblisbernyawa.wordpress.com/2011/03/31/tinjauan-ilmu-budaya-dasar/
Buku Ilmu Budaya Dasar oleh widya Nugroho dan Achmad Muchji diterbitkan oleh Universitas Gunadarma





Tidak ada komentar:

Posting Komentar